Selasa, 28 Juli 2015

Gejala dan Ciri-ciri Mata Minus


Hasil gambar untuk tanda tanda mata minusMiopia merupakan istilah kedokteran untuk rabun jauh atau yang lebih dikenal dengan mata minus. Mata minus merupakan suatu kondisi di mana mata memiliki kemampuan melihat objek yang dekat, namun kabur dan kehilangan fokus jika melihat objek yang berada jauh dari mata. Secara bahasa, istilah myopia sebenarnya berasal dari bahasa Yunani kuno yang memiliki arti menyipitkan atau menyempitkan  mata. Orang yang menderita kelainan ini cenderung terbiasa menyipitkan mata untuk melihat dengan lebih jelas objek yang jauh jaraknya dari jangkauan mata. Ini merupakan salah satu karakteristik utama yang dialami penderita miopia atau mata minus.



Biasanya gejala ini bisa terjadi pada orang dewasa dan juga anak - anak, gejala - gejala mata minus yang sering terjadi yaitu :
  1. selalu memicingkan mata
  2. harus dekat saat melihat layar tv
  3. membaca terlalu dekat
  4. Padatnya aktifitas
  5. kurang pengetahuan tentang gejala - gejala mata minus sering kita hiraukan dan spelekan, hal ini membuat semakin banyaknya orang yang terkena miopi ( mata minus ).
  6. kepala nyeri berdenyut terutama bagian depan
  7. bola mata perih dan berat, terasa seperti mau keluar
  8. air mata meleleh berlebihan.
Banyak orang yang baru menyadari akan kondisi mata minusnya yang terlanjur tinggi. Jika sudah begitu, tentunya pengobatanpun akan lebih sulit dan butuh waktu lebih lama untuk penyembuhannya. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri mata minus sejak dini untuk penanganan yang lebih awal.
Berikut merupakan ciri-ciri mata minus :
  1. Bila mata bekerja terlalu fokus, biasanya kepala akan ikut tertasa sakit dan puyeng/pusing.
  2. Rasa pusing kepala akan lebih terasa bila memaksa mata melihat atau membaca tulisan dengan jarak jangkaun yang cukup jauh.
  3. Dalam jarak tertentu huruf atau obyek yang di lihat akan terlihat kabur sehingga susah/tidak bisa terbaca.
  4. Mata minus positif biasanya tidak kuat berlama lama melihat benda terang seperti lampu dan matahari.
  5. Mengalami kelemahan ketika melihat benda yang jauh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar