Selasa, 27 Agustus 2013

Mengapa Ibu Hamil selalu Berkeringat ???

Saat hamil, suhu tubuh terasa lebih hangat, lebih banyak berkeringat, mudah haus. Tak tahu kenapa?

Sejak positif hamil, tubuh Anda segera melakukan berbagai penyesuaian untuk mendukung proses tumbuh kembang janin. Salah satunya, terjadi peningkatan aliran darah, agar penyaluran zat-zat gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin dapat berjalan lancar. Masalahnya, kondisi ini bisa menyebabkan Anda mudah merasa kepanasan atau kegerahan. Keadaan ini sering mengganggu dan membuat tidak nyaman, dalam sehari ibu hamil bisa mandi lebih dari dua kali untuk mengatasi rasa panas dan keringat yang berlebih tadi. Ternyata rasa panas dan keringat berlebih adalah lumrah dan biasa terjadi pada saat hamil.

Berkeringat merupakan reaksi alamiah untuk mendinginkan tubuh, karena pada saat hamil umumnya ibu merasa hangat. Keadaan terburuk yang terjadi adalah seringnya ibu hamil terbangun di malam hari, dan mendapati bajunya basah karena keringat, bahkan sprei dan bantal turut basah, yang dikenal dengan istilah medis “nocturnal hyperhydrosis”. Keringat-keringat ini muncul dari berbagia kelenjar keringat di dalam tubuh.
Selain karena peningkatan kadar hormon progesteron yang membuat aliran darah lebih meningkat, bisa juga disebabkan metabolisma di tubuh yang makin meningkat. Makin tinggi laju metabolisma, makin banyak pula kalori atau energi panas yang dihasilkan atau dilepaskan.

Selain itu, disebabkan juga karena proses bernapas dan berkeringat yang Anda lakukan, yang antara lain berfungsi membuang kelebihan panas di dalam tubuh Anda. Nah, janin Anda belum mampu melakukan kedua jenis proses tersebut, sehingga kelebihan panas di dalam tubuhnya ia buang melalui tubuh Anda.

Itu sebabnya, semakin bertambah usia janin Anda, panas yang dikeluarkan tubuhnya juga semakin banyak. Anda pun jadi lebih mudah dan lebih cepat merasa kegerahan, serta akan lebih banyak mengeluarkan keringat.

Cara mengatasinya:
  • Pakai baju yang longgar dan nyaman.
  • Pilih baju dari bahan yang mudah menyerap keringat
  • Jaga sirkulasi udara di rumah tetap baik. Misalnya, dengan sering membuka jendela atau pintu.
  • Hindari tempat-tempat sempit yang membuat Anda merasa pengap.
  • Sering-seringlah berada di ruangan terbuka atau alam terbuka.
  • Perbanyak minum cairan, baik air putih maupun jus buah segar, untuk mengganti cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringat.

Sumber:
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/lagilagi.kegerahan/001/001/294/1/panas/Pra+Konsepsi/01/5
http://bidanshop.blogspot.com/2013/03/mengapa-ibu-hamil-selalu-berkeringat.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar