Rabu, 14 Agustus 2013

Manfaat Buah Kurma

Buah kurma mempunyai nama latin Phoenix dactylifera, walaupun bukan tanaman asli Indonesia. keberadaannya sangat populer. Sebagian besar masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim menjadikan kurma sebagai makanan pembuka di bulan puasa. Kurma memiliki kandungan kalori tinggi dan mudah dicerna. Keistimewaannya ini menjadikan kurma sangat cocok untuk dikonsumsi setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Berbuka dengan kurma dapat mengatasi kekurangan kalori akibat penggunaan energi saat beraktivitas sehari-hari di kala tubuh mengalami perubahan jadwal makan.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat dari buah kurma :

1. Mengendalikan tekanan darah tinggi
Kurma mengandung potasium yang tinggi. Potasium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah untuk terapi darah tinggi, serta membersihkan karbon dioksida dalam darah. Potasium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf.

2. Menyehatkan mata 
Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

3. Menenangkan sel-sel saraf
Buah kurma baik yang kering maupun basah dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

4. Menurunkan kadar kolesterol darah
Mengkonsumsi 100 gram kurma, dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan menghambat penyerapan lemak atau kolesterol dalam usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah menurun.
Mencegah sroke
Buah kurma dapat mencegah stroke karena mengandung unsur kalium yang tinggi yang dibutuhkan untuk mengatur denyut nadi jantung, mengaktifkan kontraksi otot dan membantu mengatur tekanan darah.

5. Mencegah terjadinya pendarahan pada ibu hamil
Penelitian terbaru menyatakan bahwa buah ruthab ( kurma basah ) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistol-nya ( kontraksi jantung ketika darah dipompa keseluruh tubuh ) bahkan Alloh SWT memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan dikarenakan buah kurma dapat mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur sehingga Maryam dengan mudah melahirkan Nabi Isa As.

6. Sarana Ruqyah
Kurma ajwah dapat digunakan sebagai alat Ruqyah dan mencegah dari gangguan jin

7. Pembekuan darah dan metabolisme tulang
Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
Kurma dapat dijadikan buah, makanan, minuman dan juga obat
Sekarang telah banyak beredar makanan dan minuman yang berasal dari kurma, selain berfungsi sebagai obat, kurma menjadi minuman sehat dan banyak digemari.

Semoga Bermanfaat ^_-

Sumber : caramembuatjus.blogspot.com/2013/06/khasiat-buah-kurma-manfaat-buah-kurma.html#.UgvKaNLTyGM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar