Senin, 08 April 2013

Makalah Filsafat Ilmu

A.    Filsafat
A.1.       Pengertian Filsafat
Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia atau philosophos. Philos atau philein berarti teman atau cinta, dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah. Filsafat berarti juga mater scientiarum yang artinya induk dari segala ilmu pengetahuan. Kata filsafat dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata falsafah (Arab), philosophie (Prancis, Belanda dan Jerman), serta philosophy (Inggris). Dengan demikian filsafat berarti mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana (menjadi kata sifat) bisa berarti teman kebijaksanaan (menjadi kata benda) atau induk dari segala ilmu pengetahuan.
Secara umum filsafat berarti upaya manusia untuk memahami segala sesuatu secara   sistematis, radikal dan kritis. Berarti filsafat merupakan sebuah proses bukan sebuah    produk. Maka proses yang dilakukan adalah berpikir kritis yaitu usaha secara aktif,   sistematis dan mengikuti pronsip-prinsip logika untuk mengerti dan mengevaluasi suatu informasi dengan tujuan menentukan apakah informasi itu diterima atau ditolak. Dengan   demikian filsafat akan terus berubah   hingga   satu   titik tertentu (Takwin, 2001).

Adapun beberapa pengertian pokok tentang filsafat menurut kalangan filosof adalah:
1.   Upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas.
2.   Upaya untuk melukiskan hakikat realitas akhir dan dasar secara nyata.
3.   Upaya untuk menentukan batas-batas dan jangkauan pengetahuan sumber daya, hakikatnya, keabsahannya, dan nilainya.
4.   Penyelidikan kritis atas pengandaian - pengandaian dan pernyataan - pernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan.
5.   Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu Anda melihat apa yang Anda katakan dan untuk menyatakan apa yang Anda lihat.

Definisi - definisi :
1.      Plato (427–348 SM) menyatakan filsafat ialah pengetahuan yang bersifat untuk   mencapai kebenaran yang asli.
2.      Aristoteles (382–322 SM) mendefenisikan filsafat ialah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik dan estetika.
3.      Marcus Tulius Cicero (106–043 SM) menyatakan filsafat ialah pengetahuan tentang sesuatu yang maha agung dan usaha-usaha untuk mencapainya.
4.      Descartes (1596–1650), filsafat ialah kumpulan segala pengetahuan dimana Tuhan, alam dan manusia menjadi pokok penyelidikannya.
5.   Immanuel Kant (1724–1804) berpendapat filsafat ialah ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal segala pengetahuan yang tercakup di dalamnya 4 persoalan:
a.    Apakah yang dapat kita ketahui? (metafisika)
b.   Apakah yang seharusnya kita kerjakan? (etika)
c.    Sampai di manakah harapan kita? ( agama)
d.   Apakah yang dinamakan manusia itu? (antropologi)

Untuk lebih lengkapnya silahkan Klik Disini

2 komentar: